Selasa, 10 Januari 2023

Mobil Listrik dan sistemnya




Untuk mempelajari lebih lanjut cara kerja semua mobil listrik,Semua kendaraan listrik juga dikenal sebagai kendaraan listrik baterai (BEV/ battery electric vehicles), dilengkapi dengan motor listrik, bukan mesin pembakaran internal.  Untuk menyalakan

motor listrik, kendaraan menggunakan kekuatan baterai besar dan harus dicolokkan ke stopkontak atau charger, yang juga dikenal sebagai EVSE / electric vehicle supply equipment . Berkat penggerak elektrik , kendaraan tidak mengeluarkan gas buang melalui pipa knalpot dan tidak mengandung komponen bahan bakar biasa seperti pompa bahan bakar, saluran bahan bakar, atau tangki bahan bakar.

Jangkauan Kendaraan listrik penuh saat ini umumnya memiliki jangkauan yang lebih pendek (per pengisian daya) daripada kendaraan konvensional sejenis (per tangki bahan bakar). Namun, semakin banyaknya model baru dan pengembangan terus-menerus dari perangkat tugas berat mempersempit kesenjangan ini. BEV efisiensi dan jarak tempuh sangat bervariasi tergantung pada kondisi berkendara. Suhu luar yang ekstrem cenderung mengurangi jangkauan karena lebih banyak daya yang harus digunakan seperti untuk penggunaan alat pendingin ruangan. Kendaraan listrik lebih efisien untuk mengemudi di  kota daripada mengemudi di jalan bebas hambatan. Kondisi berkendara di kota memiliki lebih banyak perhentian, memaksimalkan manfaat pengereman regeneratif, sedangkan berkendara di jalan raya umumnya membutuhkan lebih banyak energi untuk mengatasi hambatan yang meningkat pada kecepatan yang lebih tinggi. Akselerasi cepat mengurangi jangkauan kendaraan dibandingkan dengan akselerasi bertahap. Membawa muatan berat atau mendaki tanjakan yang signifikan juga dapat mengurangi jangkauan.

Komponen Utama Baterai Mobil Listrik (All-Electric Auxiliary Battery): Pada kendaraan listrik, baterai tambahan menyediakan daya untuk mengoperasikan aksesori kendaraan.

 Port pengisian daya: Port pengisian daya memungkinkan kendaraan dihubungkan ke sumber daya eksternal untuk mengisi daya baterai traksi.

Komponen Utama All-Electric Car Battery (Baterai Tambahan Elektrik): Pada Kendaraan EV Konverter DC/DC Tambahan: Perangkat ini mengubah tegangan DC tegangan tinggi dari paket baterai traksi ke tegangan DC tegangan rendah yang diperlukan untuk listrik operasi, termasuk voltase aksesori kendaraan dan mengisi daya tambahan dari baterai.Motor traksi listrik: Menggunakan daya dari paket baterai traksi, motor ini menggerakkan roda kendaraan. Beberapa kendaraan menggunakan motor generator yang menjalankan fungsi penggerak dan regenerasi.

Pengisi daya bawaan - mengambil daya AC yang disuplai melalui port pengisian daya dan mengubahnya menjadi daya DC untuk mengisi daya baterai traksi. Ini juga berkomunikasi dengan beban dan memantau karakteristik baterai perangkat seperti tegangan, arus, suhu, dan status pengisian daya saat baterai sedang diisi.

Sistem Termal (Pendinginan) – Sistem ini menjaga kisaran suhu pengoperasian engine, motor listrik, elektronik daya, dan komponen lain yang tepat. Elektronik Pengontrol Daya – Perangkat ini mengelola aliran arus yang disediakan oleh baterai traksi dan mengontrol kecepatan dan torsi motor traksi listrik.

Paket baterai traksi: menyimpan energi untuk digunakan oleh motor traksi listrik.

Transmisi (listrik): Transmisi mentransmisikan daya mekanis dari motor traksi elektrik untuk menggerakkan roda.

Sistem termal (pendingin): Sistem ini menjaga rentang suhu pengoperasian engine, motor listrik, elektronik daya, dan komponen lainnya.Baterai Traksi: Menyimpan listrik untuk digunakan pada motor traksi listrik.

Paket Gearbox (Listrik): Gearbox mentransfer daya mekanis dari motor traksi listrik untuk menggerakkan roda.

0 comments:

Posting Komentar