Untuk mempelajari lebih lanjut cara kerja semua mobil listrik,Semua kendaraan listrik juga dikenal sebagai kendaraan listrik baterai (BEV/ battery electric vehicles), dilengkapi dengan motor listrik, bukan mesin pembakaran internal. Untuk menyalakan
motor listrik, kendaraan menggunakan kekuatan baterai besar dan harus
dicolokkan ke stopkontak atau charger, yang juga dikenal sebagai EVSE / electric vehicle supply equipment . Berkat penggerak elektrik , kendaraan
tidak mengeluarkan gas buang melalui pipa knalpot dan tidak mengandung komponen
bahan bakar biasa seperti pompa bahan bakar, saluran bahan bakar, atau tangki
bahan bakar.
Jangkauan Kendaraan listrik penuh saat ini umumnya memiliki
jangkauan yang lebih pendek (per pengisian daya) daripada kendaraan
konvensional sejenis (per tangki bahan bakar). Namun, semakin banyaknya model
baru dan pengembangan terus-menerus dari perangkat tugas berat mempersempit
kesenjangan ini. BEV efisiensi dan jarak tempuh sangat bervariasi tergantung
pada kondisi berkendara. Suhu luar yang ekstrem cenderung mengurangi jangkauan
karena lebih banyak daya yang harus digunakan seperti untuk penggunaan alat
pendingin ruangan. Kendaraan listrik lebih efisien untuk mengemudi di kota daripada mengemudi di jalan bebas
hambatan. Kondisi berkendara di kota memiliki lebih banyak perhentian,
memaksimalkan manfaat pengereman regeneratif, sedangkan berkendara di jalan
raya umumnya membutuhkan lebih banyak energi untuk mengatasi hambatan yang
meningkat pada kecepatan yang lebih tinggi. Akselerasi cepat mengurangi
jangkauan kendaraan dibandingkan dengan akselerasi bertahap. Membawa muatan berat atau mendaki tanjakan yang signifikan juga dapat mengurangi jangkauan.
Komponen Utama Baterai Mobil Listrik (All-Electric Auxiliary
Battery): Pada kendaraan listrik, baterai tambahan menyediakan daya untuk
mengoperasikan aksesori kendaraan.
Port pengisian daya:
Port pengisian daya memungkinkan kendaraan dihubungkan ke sumber daya eksternal
untuk mengisi daya baterai traksi.
Komponen Utama All-Electric Car Battery (Baterai Tambahan
Elektrik): Pada Kendaraan EV Konverter DC/DC Tambahan: Perangkat ini mengubah
tegangan DC tegangan tinggi dari paket baterai traksi ke tegangan DC tegangan
rendah yang diperlukan untuk listrik operasi, termasuk voltase aksesori
kendaraan dan mengisi daya tambahan dari baterai.Motor traksi listrik:
Menggunakan daya dari paket baterai traksi, motor ini menggerakkan roda
kendaraan. Beberapa kendaraan menggunakan motor generator yang menjalankan
fungsi penggerak dan regenerasi.
Pengisi daya bawaan - mengambil daya AC yang disuplai
melalui port pengisian daya dan mengubahnya menjadi daya DC untuk mengisi daya
baterai traksi. Ini juga berkomunikasi dengan beban dan memantau karakteristik
baterai perangkat seperti tegangan, arus, suhu, dan status pengisian daya saat
baterai sedang diisi.
Sistem Termal (Pendinginan) – Sistem ini menjaga kisaran
suhu pengoperasian engine, motor listrik, elektronik daya, dan komponen lain
yang tepat. Elektronik Pengontrol Daya – Perangkat ini mengelola aliran arus
yang disediakan oleh baterai traksi dan mengontrol kecepatan dan torsi motor
traksi listrik.
Paket baterai traksi: menyimpan energi untuk digunakan oleh
motor traksi listrik.
Transmisi (listrik): Transmisi mentransmisikan daya mekanis
dari motor traksi elektrik untuk menggerakkan roda.
Sistem termal (pendingin): Sistem ini menjaga rentang suhu
pengoperasian engine, motor listrik, elektronik daya, dan komponen
lainnya.Baterai Traksi: Menyimpan listrik untuk digunakan pada motor traksi
listrik.
Paket Gearbox (Listrik): Gearbox mentransfer daya mekanis
dari motor traksi listrik untuk menggerakkan roda.
0 comments:
Posting Komentar