Helikopter serang Ka-52 Alligator merupakan helikopter yang menjadi salah satu peralatan militer andalan di medan perang, Angkatan Udara Rusia mengoperasikan helikopter serang yang tahan dalam segala cuaca. Ka-52 adalah salah satu helikopter serang modern yang paling tidak biasa dan futuristik. Ia memiliki daya tahan dan daya tempur yang tinggi, dapat melakukan misi tempur kapan saja dan dalam cuaca apa pun, keunggulan lainnya adalah kemampuan manuvernya yang tinggi. Helikopter ini memiliki kemampuan manuver hopper yang unik dan bergerak dalam arah penerbangan horizontal dalam lingkaran lebar di atas target tanah yang miring ke bawah dan membidik dengan tepat. Dikembangkan oleh Biro Desain Kamov, Ka-52 adalah varian dua kursi dari helikopter serang Ka-50.
Ka-52 adalah helikopter serang yang sangat lincah dalam
bermanuver yang dapat membidik target darat lapis baja dan non lapis baja,
tank, target udara kecepatan rendah dan personel garis depan serta kendaraan taktis. Helikopter
Ka-52 pertama dikirim pada Desember 1996.
Helikopter tersebut melakukan penerbangan pertamanya pada
Juni 1997, produksi massal Ka-52 dimulai pada 2008 di pabrik Arsenyev Aviation
di wilayah Primorye Rusia.
Helikopter serang Ka-52 Alligator merupakan helikopter
serang dua kursi, helikopter Ka-52 ini adalah predator nyata yang berhasil
menyerang unit angkatan bersenjata Ukraina, menurut Peter Suchiu, kolumnis
publikasi Amerika 19FortyFive. Menurutnya, helikopter ini sangat menakutkan
di medan pertempuran karena telah dirancang untuk tujuan serangan ofensif,
pengintaian dan perlindungan fasilitas militer penting.
Pada pertempuran Ukraina radar helikopter sangat
memungkinkan pilot Rusia untuk menentukan jenis tank Angkatan Bersenjata
Ukraina pada jarak yang melebihi jangkauan rudal anti-tank.
Salah satu serangan MANPADS Ukraina selama serangan
mendadak di wilayah NVO . Helikopter itu diselamatkan dari kehancuran oleh
sistem pertahanan udara Vitebsk, yang
mengacaukan kendali misil antipesawat.
Sejauh ini, rekor menghindari rudal anti-pesawat portabel
adalah 18 buah. Salah satu Ka-52 Rusia mampu melakukan pergerakan seperti itu
dalam satu serangan berkat kompleks pertahanan
udara Vitebsk, sehingga helikopter bisa kembali ke pangkalan tanpa
kerusakan.
Hal ini kemungkinan besar oleh L-370 Vitebsk yang sangat
berharga. Dia memiliki dua pemancar yang membingungkan peluru kendali MANPADS.
Ka-52 dilengkapi dengan sistem opto-elektronik GOES-451
gyro-stabilized yang kuat dan radar
Arbalet. Kedua sistem ini memungkinkan helikopter menemukan dan
mengidentifikasi target lapis baja Angkatan Bersenjata Ukraina pada jarak yang
melebihi jangkauan sistem anti-tank. Para ahli menjelaskan bahwa fitur Ka-52
ini memungkinkan penggunaan artileri anti-tank yang paling efektif yaitu
kompleks Shturm, Ataka, dan Vikhr.
Ka-52 dapat mencapai kecepatan hingga 300 km/jam dalam garis lurus, dan terbang menyamping atau mundur "diam-diam memancarkan kecepatan 80-90 km/jam
Desain
Helikopter Ka-52 Alligator
Ka-52 merupakan sedikit modifikasi dari penggabungan desain helikopter Ka-50. Helikopter ini memiliki hidung yang lebih lebar dan badan pesawat yang memanjang berkat kokpit dua kursi. Kemiripan badan pesawat, komponen dan sistem kedua varian tersebut sekitar 85%. Dimensi helikopter memiliki panjang 16 m, tinggi 4,9 m, dan diameter rotor utama 14,5 m. Berat lepas landas maksimum Ka-52 adalah 10.800 kg.
Kokpit dua tempat duduk untuk dua awak berdampingan yang memfasilitasi interaksi
mereka. Kedua anggota kru dapat menembak dan mengemudi.
Kedua awak duduk di kursi pelontar K-37-800M identik yang
dilengkapi dengan sistem penyelamatan
ketapel. Ka-52 memiliki keunikan karena memiliki sistem penyelamatan.
Awak dua orang dapat keluar dan mempertahankan diri jika helikopter jatuh serta
pengaturan koaksial dan tanpa rotor ekor memungkinkan 100% tenaga mesin menghasilkan daya dorong.
Ka-52 adalah helikopter dengan koaksial
dua utama rotor, dua mesin turbin gas, sayap lurus, bidang ekor
horizontal dan vertikal dikembangkan,
tanpa rotor ekor, dengan roda pendaratan tiga roda yang dapat ditarik dalam penerbangan. Ka-52 Alligator
dilengkapi dengan perangkat pengurangan jarak pandang, sistem perlindungan
elektronik, dan penanggulangan aktif. Kokpit dilengkapi dengan sistem redaman.
Kokpit kaca canggih dilengkapi dengan head-up display
(HUD), empat layar multifungsi SMD 66, jendela bidik yang dipasang di helm,
penguat gambar, dan penerima GPS. Helikopter ini juga mengintegrasikan radio
locator desktop FAZOTRON dan sistem navigasi dan serangan untuk helikopter
(NASH).
Pada September 2012, Russian Helicopters, anak perusahaan
Oboronprom, menandatangani kontrak jangka panjang dengan Ramenskoye Design
Company (RDC) untuk penyediaan avionik. Sesuai kontrak, RDC bertanggung jawab
untuk menyediakan paket avionik untuk helikopter serang Ka-52 dan varian lanjutan Ka-52K yang beroperasi di kapal
induk tersebut pada periode 2013-2020.
Ka-52 dapat mempertahankan kemampuan manuvernya bahkan
saat membawa 3 ton amunisi di dalamnya. Alligator dipersenjatai dengan meriam
pesawat 30 mm 2A42-1. Itu dapat dilengkapi dengan sistem rudal Sagitarius,
membawa landasan peluncuran untuk rudal yang dipandu Ataka dan Vikhr-1. Menurut
laporan Rostec, senjata target diwakili oleh rudal jelajah S-8 80 mm.
Mesin dan performa Ka-52
Ka-52 Alligator Rusia dilengkapi dengan dua mesin turboshaft Klimov VK-2500 yang menggerakkan dua rotor utama yang berputar berlawanan arah.Setiap mesin menghasilkan daya lepas landas maksimum 2.400 hp. Mesin dilengkapi dengan sistem Full Authority Digital Control (FADEC) baru. Helikopter militer Ka-52 dapat terbang di ketinggian hingga 5.500 m.Kecepatan tertinggi dan kecepatan jelajah helikopter masing-masing adalah 300 km/jam dan 260 km/jam. Helikopter dapat naik dengan kecepatan maksimum 16 m/s. Ka-52 memiliki jangkauan praktis 460 km, sedangkan jangkauan feri adalah 1110 km.
Ka-52
Alligator dikembangkan pada awal 1990-an di biro desain Pabrik Helikopter
Ukhtomsk. N. I. Kamov (sekarang - OJSC "Kamov", kota Lyubertsy,
wilayah Moskow) di bawah kepemimpinan kepala desainer Sergei Mikheev. Helikopter
ini awalnya dikembangkan sebagai kendaraan komando dua kursi untuk unit Ka-50
satu kursi.Prototipe Ka-52, dibangun berdasarkan seri Ka-50, melakukan
penerbangan pertamanya pada 25 Juni 1997.
Sejak
2008, Alligator telah diproduksi oleh N. I. Sazykin Arseniev Aviation Company
Progress PJSC di Primorsky Territory. Pada tahun 2011, Ka-52 diterima oleh
Angkatan Udara Rusia (sekarang menjadi bagian dari Angkatan Udara, VKS).
Pada
bulan Januari tahun ini, sumber TASS mengatakan bahwa helikopter pengintai dan
serang Ka-52M pertama yang ditingkatkan
telah dikirim ke militer Rusia dan
pengiriman akan dilanjutkan tahun ini. Di bulan yang sama, sumber dari
RIA Novosti melaporkan bahwa militer Rusia mulai menggunakan helikopter Ka-52M
yang dimodernisasi dengan rudal Izdeliye 305 di area operasi khusus.
airforce-technology.com
ren.tv
news.ru
0 comments:
Posting Komentar